Tunjang Keunggulan : Prodi Kebidanan Umsida Gelar Pelatihan Akpresur Bagi Clinical Instructor (CI)

Prodi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) beri pelatihan akupresur bagi Clinical instructor (CI) pada Sabtu dan Minggu  (12-13/08/2023) di ruang kelas kampus 3 Fikes Umsida.

Clinical Instructor (CI) adalah seseorang yang melaksanakan bimbingan pembelajaran klinik untuk memberi pengalaman nyata dan membantu mahasiswa agar mampu mencapai kompetensi yang ditetapkan. Kegiatan ini diikuti oleh 24 orang CI dari beberapa lahan Praktik Mandiri Bidan (PMB), Klinik atau Rumah Bersalin, Puskesmas dan Rumah Sakit yang ditunjuk sebagai lahan praktik profesi Prodi Pendidikan Profesi Bidan. Pelatihan ini diselenggarakan Prodi Pendidikan Profesi Bidan bekerjasama dengan Persaudaraan,Pelaksana dan Pemerhati Akupresur Indonesia (P3AI).

Dekan Fikes Evi Rinata menyampaikan pentingnya kegiatan ini. “Pelatihan ini perlu diselenggarakan prodi untuk menunjang keunggulan prodi yaitu akupresur. Mahasiswa diharapkan kompeten melakukan akupresur dalam pelayanan kebidanan oleh karena itu, setelah mengikuti pelatihan ini, CI diharapkan bisa membimbing mahasiswa di lahan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.” tutur bu Evi dalam sambutannya saat membuka acara.  

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan melibatkan 2 narasumber yaitu Muhammad Ali Masroni Akp dan Dosen kebidanan SMF Hanum SST M Kes. Hari pertama peserta diberikan materi tentang konsep dasar akupresur, teori Yin Yang dan Wu Xing, fenomena organ, meridian dan titik akupresur. Hari kedua, peserta dibimbing untuk melakukan praktik penerapan akupresur untuk penanganan beberapa keluhan penyakit dan kasus kebidanan.

Sebelum pelatihan dilaksanakan, peserta diminta mengerjakan soal pretest secara online untuk mengetahui pengetahuan peserta tentang akupresur. Setelah pelatihan selesai, peserta juga mengerjakan soal posttest. Dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest diketahui ada peningkatan yang signifikan.

Peserta pelatihan antusias dan semangat dalam melakukan praktik akupresur karena mendapat ilmu baru. “Alhamdulillah, terima kasih untuk semua narasumber dan panitia yang sudah sabar membimbing kami semua, semoga ilmu yang kami dapat manfaat dan berkah untuk keluarga dan masyarakat.” Ucap bu Surya, CI Puskesmas Porong Sidoarjo.

Related Posts

Persiapkan Mahasiswa Jadi Enterpreneur, Prodi Kebidanan Undang Alumni Sukses dalam Kuliah Tamu

Prodi S1 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitass Muhammadiyah (Umsida)...

Mahasiswa KKN-T Pencegahan Stunting Berikan Edukasi di Kelas Ibu Hamil

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang...

Seminar Nasional Kebidanan Bertema Kehamilan Remaja Semarakkan Fikes Festival

Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah...