Laboratorium ANC (Ante Natal Care) -> Kehamilan

Laboratorium ANC merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan kehamilan yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Praktikum asuhan pada ibu hamil, mulai dari anamnesa (pengkajian), pemeriksaan fisik umum dan obstetri, pemeriksaan lab penunjang dan pemberian konseling/ health education. Selain pemanfaatan dalam proses pengajaran, laboratorium ANC juga digunakan secara langsung untuk pemeriksaan Antenatal pada Ujian Tahap II. Desain lab ANC disesuaikan semirip mungkin dengan tampilan ruang pemeriksaan pada fasilitas kesehatan yang ada. Terdapat 3 tempat tidur dengan privasi masing- masing, dilengkapi meja untuk pemeriksaan lanjutan. Kamar mandi dalam juga tersedia demi menjaga privasi pemeriksaan. Lab ini juga dilengkapi dengan washtafel dan poster kesehatan sebagai penunjang pembelajaran.

Laboratorium INC (Intra Natal Care) -> Persalinan

Laboratorium INC merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan persalinan yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, memberikan asuhan pada ibu bersalin, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling. Lab INC juga digunakan untuk manuver dan pertolongan persalinan pathologi. Lab INC dilengkapi 2 tempat tidur khusus persalinan dengan privasi masing- masing, terdapat area untuk gym ball, 1 buah infant warmer untuk perawatan bayi baru lahir, dan terdapat meja dan kursi untuk keperluan tutorial klinik dalam laboratorium. Lab ini juga dilengkapi dengan washtafel dan poster kesehatan sebagai penunjang pembelajaran.

Laboratorium PNC (Post Natal Care) -> Nifas

Laboratorium PNC merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan Post Partum baik fisiologi maupun pathologi yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, memberikan asuhan pada ibu nifas, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling. Lab PNC dilengkapi dengan 2 tempat tidur dengan privasi masing-masing yang didesain semirip mungkin dengan lahan praktik yang ada. Lab ini juga dilengkapi dengan washtafel dan poster kesehatan sebagai penunjang pembelajaran.

Laboratorium KB (Keluarga Berencana) & Kespro (Kesehatan Reproduksi)

 

Laboratorium KB merupakan lab penunjang perkuliahan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, memberikan materi keluarga berencana dan kesehatan reproduksi wanita di sepanjang siklus kehidupan, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling kesehatan. Lab KB dan KESPRO dilengkapi dengan 1 meja ginekologi, 1 Krambed DN, dan 1 tempat tidur kayu dengan privasi masing-masing. Terdapat 1 buah washtafel, kamar mandi dalam, dan poster kesehatan yang menunjang pembelajaran di laboratorium tersebut.

 

 
 

Laboratorium KDK (Keterampilan Dasar Klinik)

Laboratorium KDK merupakan lab penunjang perkuliahan ketrampilan dasar klinik yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar, praktikum keterampilan dasar klinik, mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab penunjang serta tindakan dan konseling. Lab KDK dilengkapi 3 buah tempat tidur dengan privasi masing-masing dan dilengkapi dengan standar infuse. Terdapat washtafel, meja dan kursi untuk keperluan tutorial klinik dalam lab, sterilisator uap, listrik, kompor dan kalakat untuk merebus/ kukus alat.

Laboratorium  Anatomi

Laboratorium anatomi merupakan lab untuk praktikum anatomi. Lab anatomi dilengkapi dengan phanthoom peraga tulang, phanthoom Human Skeleton Unisex, phanthoom organ manusia, phanthoom peraga kehamilan, persalinan, dan nifas. Lab ini di desain untuk pembelajaran yang nyaman.

 

Laboratorium Kegawatdaruratan (Gadar)


Laboratorium Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal merupakan laboratorium penunjang untuk pembelajaran asuhan pathologi kehamilan, persalinan, nifas, dan pathologi neonatal. Lab kegawatdaruratan ini didesain semirip mungkin dengan perawatan di rumah sakit. Untuk kegawatan maternal terdapat 1 branchart, 1 Krambed DN, 1 tempat tidur rumah sakit dengan standart infuse, wall oksigen, dan privasi masing- masing. Untuk kegawatan neonatal dilengkapi meja resusitasi, 1 inkubator, 1 couve, dan tabung oksigen. Di dalam lab juga dilengkapi washtafel, poster kesehatan penunjang pembelajaran, dan spot untuk tutorial klinik.

 

Laboratorium Neonatus & Bayi

Laboratorium Bayi merupakan lab penunjang perkuliahan asuhan neonatus dan bayi yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar memberikan asuhan pada bayi baru lahir mulai dari anamnesa, pemeriksaan fisik, tindakan dan konseling. Dilengkapi dengan washtafel dan poster kesehatan sebagai penunjang pembelajaran. Desain lab ini disesuaikan dengan ruang perawatan bayi di rumah sakit yang dilengkapi dengan 2 couve (penghangat bayi), 1 buah baby tafel untuk perawatan bayi, 3 buah troli bayi, dan meja untuk keterampilan memandikan bayi. Lab ini juga dilengkapi dengan washtafel dan poster kesehatan sebagai penunjang pembelajaran.

Laboratorium Balita & APRAS

Laboratorium Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal merupakan laboratorium penunjang untuk pembelajaran asuhan pathologi kehamilan, persalinan, nifas, dan pathologi neonatal. Lab kegawatdaruratan ini didesain semirip mungkin dengan perawatan di rumah sakit. Untuk kegawatan maternal terdapat 1 branchart, 1 Krambed DN, 1 tempat tidur rumah sakit dengan standart infuse, wall oksigen, dan privasi masing- masing. Untuk kegawatan neonatal dilengkapi meja resusitasi, 1 inkubator, 1 couve, dan tabung oksigen. Di dalam lab juga dilengkapi washtafel, poster kesehatan penunjang pembelajaran, dan spot untuk tutorial klinik.

Laboratorium Komunitas

Laboratorium komunitas merupakan laboratorium yang menunjang sarana pembelajaran asuhan komunitas dan asuhan balita. Laboratorium ini didisain mirip POSYANDU dengan 5 meja pemeriksaan. Terdapat 1 buah washtafel, poster penunjang pembelajaran, food model (peraga makanan), dan timbangan dacin.

Laboratorium Akupressure

Laboratorium akupresure merupakan laboratorium penunjang pembelajaran terapi akupresure yang merupakan andalan Prodi S1 Profesi Bidan. Di dalam lab ini dilengkapi dengan 1 buah tempat tidur kayu, playwood untuk terapi komplementer akupresure, dan alat akupresure ter-display di rak kaca.

Laboratorium Central Alat

Laboratorium sentral merupakan lab untuk penyimpanan, perawatan, persiapan dan pengambilan alat.  Terdiri dari 2 ruangan. Satu ruangan untuk khusus penyimpanan alat logam, busa dan plastik sedangkan satu ruangan lagi dibuat menyimpan linen, bahan habis pakai juga alat yang terbuat dari karet yang di lengkapi dengan AC agar bahan karet tidak mudah meleleh atau rusak. Selain itu ruang tersebut di pakai tempat Kepala dan pengelola lab, serta administrasi praktik lab dan praktik klinik kebidanan. Di laboratorium sentral inilah proses peminjaman dan persiapan alat dilakukan.