Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan Lokakarya Praktik Kebidanan Komunitas di Aula Siti Khodijah Kampus 3 Umsida, Kamis (02/05/19).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan hasil praktik komunitas di dusun Kepodang, desa Kepadangan, Tulangan Sidoarjo. Dihadiri pembimbing dari Puskesmas Kepadangan, dosen kebidanan dan seluruh mahasiwa semester 6. Sebanyak 19 mahasiswa telah menjalani praktik komunitas mulai tanggal 1 hingga 21 April 2019.

Praktik Kebidanan Komunitas merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk belajar melaksanakan tugas bidan di masyarakat. Hal itu disampaikan SMF Hanum SST MKes Dekan Fikes dalam sambutannya membuka acara lokakarya.

Bu Cicik, sapaan akrab Bidan Koordinator Puskesmas Kepadangan menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa karena telah melakukan praktik dengan baik dan juga membantu program puskesmas khususnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).”Saya harap mahasiswa bisa mengambil apa yang terbaik agar ke depan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.” Tutur bu Cicik.

Selama menjalani praktik komunitas, mahasiswa melakukan pengkajian untuk menemukan permasalahan kesehatan ibu dan anak di desa Kepadangan. Masalah paling menonjol yang ditemukan mahasiswa yaitu capaian pemberian ASI eksklusif yang masih rendah.

“Ibu bekerja dan ASI keluar sedikit adalah alasan utama para ibu tidak memberikan ASI eksklusif.” kata Desiska dalam presentasinya. Untuk membantu mengatasi masalah itu, mahasiswa melakukan penyuluhan kepada ibu hamil untuk memberikan pengetahuan pentingnya memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan bagi kesehatan bayi. (Hesty)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *